You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rumbuk Timur
Desa Rumbuk Timur

Kec. Sakra, Kab. Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Desa Rumbuk Timur Kecamatan Sakra

VISI DAN MISI KEPALA DESA RUMBUK TIMUR

Administrator 27 Mei 2021 Dibaca 255 Kali
VISI DAN MISI KEPALA DESA RUMBUK TIMUR

Visi dan Misi

  1. Visi

Visi Pembangunan Desa Rumbuk Timur adalah suatu gambaran yang menantang tentang kondisi desa yang diinginkan pada akhir periode perencanaan pembangunan desa yang direpresentasikan dalam sejumlah sasaran hasil pembangunan yang dicapai melalui berbagai strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan desa dengan melihat potensi dan kebutuhan desa. Penetapan visi pembangunan desa, sebagai bagian dari perencanaan strategis pembangunan desa, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan pembangunan suatu desa mencapai kondisi yang diharapkan.

Visi Pembangunan Desa Rumbuk Timur Tahun 2019 -2024 disusun berdasarkan pada sumber utama dari visi Kepala Desa yang telah terpilih melalui proses Pemilihan Kepala Desa secara langsung yang saat ini sedang menjabat. Mengingat bahwa Kepala Desa terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa    Tahun 2017, maka Visi dan Misi dalam RPJMDesa ini ditetapkan untuk Tahun 2019 -2024, yang dilakukan dengan pendekatan partisipatif, melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan di Desa Rumbuk Timur seperti Pemerintah Desa, BPD, LKMD, Kader Posyandu, PKK, Karang Taruna, tokoh masyarakat, tokoh agama, Tokoh Perempuan, Penyandang disabilitas dan masyarakat desa pada umumnya. Serta pertimbagan kondisi eksternal didesa seperti satuan kerja wilayah pembangunan di kecamatan. Namun demikian dapat dimungkinkan apabila Kepala Desa terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa yang sudah dilaksanakan pada tahun 2017 akan merubah Visi dan Misi yang disesuaikan dengan Visi dan Misi yang bersangkutan.

Visi Pembangunan Desa Rumbuk Timur Tahun 2019 -2024 ini disusun dengan memperhatikan/mengacu visi pembangunan daerah yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lombok Timur Tahun 2013-2018, yakni Mewujudkan Lombok Timur yang Aman, Sejahtera Lahir dan Batin dalam Bingkai Persatuan dan Kesatuan dilandasi Iman dan Taqwa”. Maka berdasarkan pertimbangan diatas Visi Desa Rumbuk Timur Tahun 2019 -2024 adalah:

Terwujudnya Desa Rumbuk Timur Yang Aman, Sehat, Cerdas, Berdayasaing, Berbudaya dan Berahlaq Mulia

Secara khusus, dijabarkan makna dari visi pembangunan desa yang sangat diperlukan untuk membangun kesamaan persepsi, sikap (komitmen), dan perilaku (partisipasi) segenap pemangku kepentingan (stakeholders) dalam setiap tahapan proses pembangunan selama Enam tahun kedepan.

Aman adalah menciptakan situasi dan kondisi masyarakat yang senantiasa aman, nyaman, damai dan tertib.

Beberapa indikator yang dapat dijadikan ukuran terwujudnya Desa Rumbuk Timur yang Amanadalah terciptanya suatu kebersamaan dalam menciptakan situasi dan kondisi keamanandan terciptanya ukhuwahislamiyah, terbentuknya kepedulian dan rasa sosial yang tinggi terhadap lingkungan yang terhindar dari segala sesuatu dan hal – hal yang tidak kita inginkan maka Pemerintah Desa Rumbuk Timur mengupayakan pembangunan yang difokuskan pada:

  1. Peningkatan pembangunan sarana dan Prasarana keamanan seperti : Pembangunan Pos Kamling dll sebagai sarana untuk kegiatan ronda malam.
  2. Pemanfaatan dan pengelolaan Pos Kamling sebagai tempat diskusi– diskusi, dan sebagai sarana ajang silaturrahmi.

Sehat Konsep sehat terwujudnya kondisi kesehatan suatu masyarakat, yaitu masyarakat yang terpenuhi   kebutuhan jaminan kesehatan maupun perilaku dan pola hidup sehat dengan  kebutuhan dasar masyarakat telah terpenuhi secara lahir bathin secara adil dan meratadengan menitik beratkan pada peningkatan kwalitas kesehatan yang difokuskan   pada pemberian jaminan kesehatan serta sosialisasi dan mendukung kegiatan kesehatan dan Pelayanan Dasar Kesehatan.

Cerdas konsep cerdas mendukung kegiatan masyarakat dan lembaga - lembaga instansi pendidikan pormal dan non pormal serta mendukung kegiatan – kegiatan yang dapat mencerdaskan generasi penerus sehingga terwujudnya Desa Rumbuk Timur yang Cerdas.

Berdayasaing konsep berdayasaing ini merupakan indikator secara ilmiah untuk terwujudnya Desa Rumbuk Timur yang berdayasaing dan bersaing dalam Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan dan Pemberdayaan Masyarakat dengan Desa yang ada di Indonesia ke tingkat Nasional dan Internasional.

Berbudaya Adapun konsep berbudaya ini, merupakan indikator secara ilmiah; meningkatnya kualitas sumberdaya manusia yang ditandai dengan terpenuhinya hak sosial masyarakat mencakup akses pada pelayanan dasar sehingga mampu meningkatkan    indeks pembangunan      manusia (IPM) dengan Cara Gotong Royong, meningkatkan perlindungandan kesejateraan sosial, keluarga kecil berkualitas, pemuda dan olahraga serta meningkatkan kualitas kehidupan berbudaya serta beragama; meningkatnya peranan perempuan dalam pembangunan; tersedianya infrastruktur yang memadai; meningkatnya profesionalisme aparatur pemerintah untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih, berwibawa dan bertanggung jawab yang mampu mendukung pembangunan desa.

Berahlaq Mulia Adapun konsep Berahlaq Mulia ini, merupakan indikator secara ilmiah; untuk meningkatnya kualitas ahlaqmanusia yang dilandasi dengan Berahlaq Mulia sehingga segala Sesuatu Baik di Bidang Pemerintahan, Pembangunan, Pembinaan Kemasyarakatan dan Pemeberdayaan Masyarakat dapat terpenuhi baik berupahak sosial masyarakat mencakup akses pada pelayanan dasar, meningkatkan perlindungandan kesejateraan sosial masyarakat, serta meningkatkan kualitas kehidupan beragama; meningkatnya peranan masyarakatdalam pembangunan; tersedianya infrastruktur yang memadai; meningkatnya profesionalisme aparatur pemerintah untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih, berwibawa dan bertanggung jawab yang mampu mendukung pembangunan desa.

  1. Misi

Dalam rangka mencapai visi yang telah ditetapkan, maka kesemua visi yang ada akan dijabarakan dan diimplementasikan dalam bentuk misi yang memuat sesuatu pernyataan yang harus dilaksanakan oleh desa agar tercapainya visi desa tersebut.  Pernyataan visi kemudian dijabarkan ke dalam misi untuk memudahkan didalam pelaksanaan program. Sebagaimana penyusunan visi, misi pun dalam penyusunannya menggunakan pendekatan partisipatif dan pertimbangan potensi serta kebutuhan masyarakat Desa Rumbuk Timur.

Misi Pembangunan Desa Rumbuk Timur adalah sesuatu yang diemban atau dilaksanakan oleh pemerintah desa, sesuai visi pembangunan desa yang telah ditetapkan, agar tujuan pembangunan desa dapat terlaksana dan berhasil dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. Dalam rangka memberikan kemudahan bagi penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan, maka misi pembangunan Desa Rumbuk Timur Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur  Tahun 2019 –2024 dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. 1. Terwujudnya Desa Rumbuk Timur yang Aman

      Misi:

  • Menjaga dan memelihara ketentraman, ketertiban, dan kerukunan wargasehingga terciptanya situasi dan kondisi yang Aman dan nyaman;
  • Pembangunan Pos Kamling sebagai saranaRonda Malam, dan pelatihan serta Fasilitasi TKD dan memeberikan pemahaman terhadap masyarakat akan pentingnya rasa Aman dan Peduli dengan Keamanan baik ditingkat Dusun Maupun Desa

 

 

  1. 2. Terwujudnya Desa Rumbuk Timur yang Sehat

      Misi:

  • Meningkatkan pembangunan infrastruktur desa;
  • Meningkatkan Pelayanan Dasar Kesehatan
  • Membangun SDM di Bidang Kesehatan;
  • Melaksanakan Kegiatan Gotong Royong dan Sosialisasi kesehatan kepada Masyarakat.
  • Meningkatkan Peran aktif Lembaga Desa Seperti LKMD, Karang Taruna, PKK, Kader Posyandu, RT/RW, dan tokoh masyarakat dalam Mensosialisasikan Kesehatan;
  • Meningkatkan peran serta masyarakat dalam berswadaya membangun Desa yang Sehat.
  • Mewujudkan keluarga sehat sejahtera melalui peran aktif ibu-ibu PKK, Posyandu dan organisasi lainnya.
  1. 3. Terwujudnya Desa Rumbuk Timur yang Cerdas

Misi:

  • Meningkatkan pembangunan infrastruktur pendidikan baik Pormal dan Non Pormal serta sarana Penunjang untuk meningkatkan kwalitas pendidikan;
  • Memberikan Pelayanan Informasi Kepada Masyarakat Melalui Media Sosial, Pengumuman dan Penempelan Pamplet – Pamplet dan Pelayanan Berbasis IT;
  • Memberikan Pelayanan Dasar di Bidang Pendidikan Wajib Belajar 9 Tahun;
  • Bantuan Alat Peraga Edukatif (APE) dan Bantuan Alat Permainan untuk lembaga Pendidikan Anak Usia Dini dan Taman Kanak – kanak dan RA;
  • Sosialisasi dan Kunjungan Kesekolah – Sekolah baik dari Tingkat Dasar Maupun Sekolah Menengah Atas/Sederajat yang ada di Desa Rumbuk Timur;
  • Mengadakan Kegiatan Acara Seremonial yang beredukasi sehingga dapat mencerdaskan masyarakat;
  • Mendukung Kegiatan Kepemudaan dalam kegiatan Olahraga, Seni, Budaya dan Pendidikan;
  • Fasilitasi Kegiatan Masyarakat dalam Bidang Pendidikan

 

  • Sosialisasi dan Pemberian Pelatihan Kepada Masyarakat di Bidang Pemberdayaan Masyarakat;
  • Pengadaan Bahan Bacaan serta penyuluhan tentang Kurangnya Minat Baca Masyarakat.

 

  1. 4. Terwujudnya Desa Rumbuk Timur yang Berdayasaing

Misi:

  • Meningkatkan pembangunan infrastruktur di semua Bidang serta mengevaluasi segala kegiatan melalui Tahapan Perencanaan, Pencairan, Pentausahaan Pembukuan dan Pelaporan Serta Bertanggungjawab terhadap semua kegiatan;
  • Meningkatkan Peranan Masyarakat dan Lembaga – lemabaga Desa dan Pemangku berkepentingan di dalam Semua Aspek;
  • Menggali, Meneliti dan Menatausahakan Potensi Desa yang dapat di Jadikan Inofasi Desa;
  • Memberikan Pelatihan Kepada Lembaga – Lembaga Desa dan Masyarakat Desa;
  • Memanfaatkan Teghnologi Tepat Guna;
  • Memberikan Pelayanan serta Informasi Berbasis IT;
  • Meningkatkan Peranpenting Lembaga – Lembaga Desa;
  • Fasilitasi Kegiatan Masyarakat Desa dan Lembaga – Lembaga Desa
  • Meningkatkan SDM Apartur Desa dan Lembaga Desa Serta Lembaga Masyarakat;
  • Memberikan Pelayanan Dasar yang berbasis SOP kepada Masyarakat dengan Senyum, tepat, Cepat dan akurat dan Dapat dipertanggungjawabkan;

 

  1. 5. Terwujudnya Desa Rumbuk Timur yang Berbudaya

Misi:

  • Mempertahankan Budaya gotong royong masyarakat;
  • Melestarikan Adat istiadat dan Budaya yang sudah mendarah daging di tengah kemajuan Zaman;

 

  • Memelihara dan Menjaga situs budaya Tapak Tilas yang hampir Punah;
  • Fasilitasi Kegiatan Masyarakat dibidang Seni dan Budaya serta kegiatan hari – hari besar islam dan hari – hari besar nasional;
  • Menginpentarisir Seni dan budaya yang ada di Desa Rumbuk Timur;
  • Mengadakan Acara seremonial yang berkaitan dengan budaya;
  • Meningkatkan Kafasitas SDM Tentang Budaya Lokal Bersekala Desa dan Nasional Serta Internasional;
  • Budayakan Jum’at Bersih.

 

  1. 6. Terwujudnya Desa Rumbuk Timur yang Berahlaq Mulia

Misi:

  • Meningkatkan Peran Aktif Lembaga Desa Terutama Aparatur Pemerintah Desa dalam Pelayanan Kepada Masyarakat
  • Pemberian Santunan Kepada Masyarakat Tidak Mampu, Jompo, Penyandang disabilitas, Marbot, Guru Ngaji dan Penyandang Kesejahteraan Sosial Serta Korban Bencana Alam;
  • Fasilitasi Kegiatan Masyarakat Terutama Menyangkut Kenakalan Remaja dan Pemberian Penyuluhan Kepada Generasi Muda;
  • Peningkatan SDM dan Pelatihan Kepada Masyarakat;
  • Fasilitasi Kelompok Hijiban, Serakalan, Zikir Zaman dan Lembaga –lembaga yang ada;
  • Memberdayakan serta Meningkatan Peran Pentingnya Tokoh Agama, Adat Istiadat dalam menanamkan dan mengamalkan pendidikan keagamaan dan jiwa social yang tinggi kepada masyrakat;
  • Memberikan Pemahaman ilmu agama Kepada masyarakat;

 

 

  • Mengajarkan dan Menanamkan perilaku sopan santun kepada generasi penerus dan Generasi Muda (Generasi Melenial)
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2024 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp 515.137.000,00 Rp 2.533.656.745,00
20.33%
Belanja
Rp 334.204.000,00 Rp 2.485.454.873,46
13.45%
Pembiayaan
Rp 0,00 Rp -1.848.128,46
0%

APBDes 2024 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp 2.433.000,00 Rp 2.433.000,00
100%
Hasil Aset Desa
Rp 66.700.000,00 Rp 66.700.000,00
100%
Lain-Lain Pendapatan Asli Desa
Rp 0,00 Rp 208.950.000,00
0%
Dana Desa
Rp 334.204.000,00 Rp 1.664.196.000,00
20.08%
Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi
Rp 12.000.000,00 Rp 94.740.729,00
12.67%
Alokasi Dana Desa
Rp 99.000.000,00 Rp 495.837.016,00
19.97%
Bunga Bank
Rp 800.000,00 Rp 800.000,00
100%

APBDes 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa
Rp 29.386.000,00 Rp 963.952.873,46
3.05%
Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa
Rp 223.318.000,00 Rp 783.156.000,00
28.52%
Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa
Rp 39.200.000,00 Rp 153.272.500,00
25.58%
Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa
Rp 0,00 Rp 415.873.500,00
0%
Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa
Rp 42.300.000,00 Rp 169.200.000,00
25%